Thursday, April 24, 2014

MPTI : Perkembangan Teknologi Game

Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin. Bermain game merupakan salah satu sarana pembelajaran. Game edukasi dibuat dengan tujuan spesifik sebagai alat pendidikan, untuk belajar mengenal warna, mengenal huruf dan angka, matematika, sampai belajar bahasa asing. Desainer yang membuat game harus memperhitungkan berbagai hal agar game benar-benar dapat mendidik, menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan yang memainkannya. Tapi kenyataannya Game saat ini menjadi bumerang untuk pengguna yang tidak bisa membatasi sendiri terhadap Game itu sendiri dan semua itu menjadikan Game mempunyai dampak negatif.

Perbandingan dampak Negatif dan Positif dari Game adalah sebagai berikut :
Dampak Negatif Game :
1.      Lupa waktu, tugas, kewajiban dll
2.      Kecanduan
3.      Memicu emosi
4.      Merusak kesehatan (mata, sendi, dll)
5.      Malas membantu orang tua
Dampak Positif Game :
1.      Refreshing
2.      Mengisi waktu luang
3.      Mengasah logika


Jika dibandingkan dampak keduanya maka lebih banyak dampak negatifnya, lalu bagaimana cara agar bisa membatasi waktu untuk bermain game dan tidak meninggalkan kewajiban lainnya. Tergantung dari pribadi masing-masing dan pastinya dengan pantauan orang tua, bagaimana dengan orang dewasa masak iya harus dipantau orang tua juga. Refreshing bisa melihat keindahan alam, mengisi waktu luang bisa dengan liburan dengan keluarga dan mengasah logika bisa dengan belajar, lalu kalau sudah seperti itu apa dampak positif dari Game tidak bisa dialihkan ke hal lain yang dampak negatifnya lebih sedikit untuk kesehatan dll. (Lia P Yaumin)

No comments:

Post a Comment